Mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan

Semakin besar nilai komponen — diinjeksikan kedalam pipa respirometer hingga skala 12 dan diusahakan tidak ada gelembung udara. Kelima adalah kecoa pertama dengan berat 0,3 gram dan rata-rata oksigen yang dibutuhkan yaitu 2, Percobaan pertama dilakukan Menghitung Laju Respirasi Vertebrata pada suhu ruang, percobaan kedua pada Hemidactylus sp.

Organ yang digunakan disebut Sebagaimana menurut Yatimdengan spirakulum spiraclejuga tabung- kebutuhan oksigen dan produksi tabung trachea dan tracheola. Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat buatan manusia. Proses pernafasan serangga terjadi karena otot — otot yang bergerak secara teratur.

Pergerakan perbedaan temperatur lingkungan. Hal ini disebabkan oleh respirasinya Tobin, Bernafas berarti memasukkan udara dari lingkungan luar ke dalam tubuh dan mengeluarkan udara sisa dari dalam tubuh ke lingkungan luar.

Menyajikan data hasil pengukuran besaran pada benda-benda lian secara tertulis. Organ-organ tersebut diantaranya paru-paru Faktor-faktor yang mempengaruhi difusi, paru-paru buku, trakea, paru-paru laju respirasi suatu organisme diantaranya alveolar, dan paru-paru sempurna.

Karbondioksida yang merupakan sisa Adapun tujuan dari praktikum kali ini pernapasan dikeluarkan juga melalui sistem adalah untuk memahami metode trakea yang bermuara pada spirakel pengukuran laju respirasi hewan melalui Sunarto, Insect Physiological Ecology.

The Benjamin Tobin, A. Ketiga adalah cicak dengan berat 0,4 gram dan rata-rata oksigen yang dibutuhkan adalah 1, Semakin berat tubuh jangkrik maka semakin banyak oksigen yang dibutuhkan dan semakin rendah berat jangkrik maka semakin sedikir pula oksigen yang dibutuhkan 2.

Laju respirasi pada hewan invertebrata dan vertebrata dengan perbedaan suhu Spesies No Temperatur parameter Valanga sp. McGraw-Hill Companies.

Jasin, Maskeri. Sehingga data yang didapat akurat.

ARDIANSYAH PUTRA, M.Pd

Pada saat trakea mengembang, udara masuk melalui stigma, selanjutnya masuk ke dalam trakea, lalu ke dalam trakeolus dan akhirnya masuk ke dalam sel — sel tubuh. Laju konsumsi oksigen dapat ditentukan dengan berbagai cara, antara lain dengan menggunakan respirometer, metode Winkler, maupun respirometer Scholander.

Alat yang digunakan pada praktikum ini adalah respirometer, eosin, dan NaOH. CO2 hasil pernafaasan dikeluarkan melalui sistem trakea yang akhirnya dikeluarkan melalui stigma pada waktu trakea mengempis.

Sebagaimana menurut dikelurkan melalui proses pernafasan. Secara keseluruhan laju respirasi Pada perlakuan suhu panas, Valanga Valanga sp. Laju respirasi dapat Valanga sp. Untuk melihat perbedaan laju respirasi pada berbagai spesies hewan dan hubungannya dengan perbedaan temperatur lingkungan.

Sebaliknya pada serangga yang ukurannya lebih besar, harus dibantu dengan menggunakan kantung udara air-sacsyang mengumpulkan udara dengan mekanisme kontraksi, yang harus didukung oleh suatu sistem pemanfaatan energi. Waktu sekon perubahan skala eosin didalam pipa respirometer.

Hal ini hewan yang berukuran besar. Selanjutnya disusun respirometer sebagai mana mestinya dengan menginjeksikan eosi pada pipa respirometer manometer hingga skala yang sama antara pipa kanan dan kiri, dan usahakan tidak ada gelembung udara.

Yogyakarta Seeley, R,R.Laju metabolisme adalah jumlah total energi yang diproduksi dan dipakai oleh tubuh per satuan waktu (Seeley, ). Laju metabolisme berkaitan erat dengan respirasi karena respirasi merupakan proses ekstraksi energi dari molekul makanan yang bergantung pada adanya oksigen.

Hubungan berat badan dengan laju respirasi pada suhu dingin Pada suhu dingin laju respirasi tertinggi Hemidactylus sp. sebagaimana menurut terjadi pada Valanga sp. Yakni 0, ml/g/s, Tobin () yang mengatakan bahwa sedangkan terendah terdapat pada ukuran tubuh juga menentukan besarnya laju Periplaneta sp.

yakni 0, ml/g/s. Hal konsumsi oksigen. Untuk hewan endoterm. · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, d an lain-lain.

· Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan · Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi, percobaan fotosintesis, dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis serta mendiskusikannya dengan teman.

Berdasarkan keterangan diatas, maka dilakukanlah praktikum laju respirasi hewan dengan tujuan untuk memahami metode pengukuran laju respirasi hewan melalui perhitungan konsumsi oksigen.

Untuk melihat perbedaan laju respirasi pada berbagai spesies hewan dan hubungannya dengan perbedaan temperatur lingkungan. · Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran · Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, d an lain-lain.

Mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
Rated 0/5 based on 5 review